Kuliah lagi?

Ketika mendengar kalimat kuliah lagi, yang terbayang dalam pikiran saya adalah suasana kelas yang riuh dengan diskusi yang hangat atas suatu isu, pertukaran gagasan dan perdebatan yang seru, dan menumpuknya bacaan serta tugas-tugas berbagai mata kuliah. Setelah hampir 6 tahun lulus dan tidak lagi merasakan hangatnya dunia perkuliahan, jujur saya sedikit rindu.

Saya rindu dengan hangatnya suasana kampus yang penuh pertukaran ide-ide ilmiah dan gagasan-gagasan liar akan fenomena global dunia. Saya rindu dengan betapa menariknya berdebat dengan sahabat yang memiliki pandangan yang bertentangan dengan saya akan suatu isu. Saya rindu perasaan luar biasa bahagia ketika menemukan ide pokok dan menjahit alur argumen ide pokok tersebut. Saya rindu.

Namun, di sisi lain, saya juga agak khawatir. Jika saya kuliah lagi, apakah saya masih sanggup? Apakah saya masih sanggup didera tsunami tugas kuliah dan lautan bacaan wajib kelas? Apakah saya (yang sudah terbiasa bekerja sebagai pegawai pemerintah) masih mampu mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah saya sendiri? Apakah saya siap kembali ke bangku perkuliahan?

Bagaimanapun, siap atau tidak, sanggup atau tidak, tidak ada pilihan bagi saya namun untuk mempersiapkan dan meneguhkan kesanggupan untuk menjalani perkuliahan yang akan dimulai pada bulan Agustus 2018 di Boston. Mohon doa restunya.

Semoga Allah SWT meridhoi.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s